cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JAM : Jurnal Aplikasi Manajemen
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 16935241     EISSN : 23026332     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Aplikasi Manajemen - Journal of Applied Management (JAM) publishes all forms of quantitative and qualitative research articles and other scientific studies related to the field of functional management (marketing, finance, human resources, and operations) as well as the applied management and a wide range of applications.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2012)" : 19 Documents clear
Pengaruh Kepemimpinan terhadap Budaya Organisasi, Komitmen Kerja, Perilaku Kerja dan Kinerja Pegawai (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara) Nurwati Husin; Umar Nimran; Margono Setiawan; Surachman -
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.244 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh dari kepemimpinan pada budaya organisasi, komitmen pekerjaan, perilaku bekerja, dan kinerja pegawai di Propinsi Sulawesi Tenggara. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dan melakukan wawancara mendalam. Sampel dari penelitian ini adalah 166 pegawai di 9 SKPN di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menentukan karakteristik dan deskriptif dr responden untuk masing2 indikator variabel. Sementara itu, untuk menguji hubungan antar variabel digunakan alat analisis inferensial dengan metode SEM dan pendekatan AMOS 7. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan mempertimbangkan factor-faktor seperti budaya organisasi, komitmen pekerjaan, dan perilaku bekerja di SKPD di Propinsi Sulawesi Tenggara. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan perilaku bekerja pegawai yang lebih baik, pemimpin harus mempertimbangkan faktor budaya organisasi dan komitmen pekerjaan.Kata kunci: kepemimpinan, budaya organisasi, komitmen pekerjaan, perilaku bekerja, kinerja pegawai
Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kepribadian dan Profesionalisme Dosen terhadap Organizational Citizenship Behavior serta Dampaknya terhadap Kinerja Dosen (Studi pada Universitas Palangka Raya) Roby Sambung; Armanu Thoyib; Eka Afnan Troena; Surachman -
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.882 KB) | DOI: 10.18202/jam.v10i1.396

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa dan menerangkan pengaruh kepuasan kerja,komitmen organisasional, kepribadian dan profesionalisme dosen terhadap OCBs serta dampaknya terhadap kinerja. Sampel terdiri dari 160 dosen pada Universitas Palangka Raya. Hasil dari penelitian ini sudah membuktikan pengaruh komitmen organisasi terhadap OCBs. Kepuasan kerja, kepribadian dan profesionalisme hanya memiliki pengaruh pada OCB-O. Dukungan organisasi untuk mempertahankan hubungan antara kepuasan kerja terhadap OCB-O dan OCB-I CBs berarti berpengaruh pada kinerja dosen.Keywords: kepuasan kerja, komitmen organisasi, kepribadian, profesionalisme, dukungan organisasi, OCBs dan kinerja.
Perilaku Kepemimpinan dan Komitmen Karyawan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta) Hidayat -; Surachman -; Djumilah Zain; Margono Setiawan
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.132 KB)

Abstract

Tujuan utama dari Departemen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Jakarta adalah menyediakan pelayanan yang terbaik bagi warga Jakarta. Pelayanan yang disediakan untuk warga Jakarta membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang baik dalam bekerja sebagai pegawai dan pelayan masyarakat. Tuntutan dari kependudukan dan tempat tinggal warga membutuhkan profesionalitas. Seperti yang telah diketahui bahwa warga Jakarta merupakan masyarakat yang heterogen, yang meliputi berbagai suku, ras dan kebangsaan. Hal ini dikarenakan Jakarta memiliki status sebagai Ibu Kota Negara. Permasalahan yang dihadapi oleh Departemen Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta adalah kelengkapan dokumen seperti akte lahir, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan dokumen keimigrasian yang perlu dilengkapi dengan cepat, tepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sampling acak, dengan mengambil 100 pegawai yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil dan aparatur pelayan masyarakat di enam unit di departemen tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dalam menentukan karakter responden dan deskripsi responden dari indikator setiap variable. Sementara itu, untuk menguji hubungan antar variabel, penelitian ini menggunakan analisis infensial dari SEM dengan AMOS 7. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan mempertimbangkan komitmen pegawai dan kepuasan dalam bekerja. Selain itu dalam meningkatkan kinerja pegawai, perilaku kepemimpinan trasformasional dan komitmen yang tinggi dari para pegawai memerlukan perhatian yang cukup serius. Kata kunci: pengaruh kepemimpinan, komitmen pegawai, kepuasan
PKK Members Empowerment Through Fashion and Handicraft Creative Industries Asfi Manzilati; Amelia Priharsanti
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (951.496 KB)

Abstract

Women have potential effect to support their family economies. PKK organization is one of government women empowerment program that in reality depend on government regulation, quite strong control, and practically only used as a ”dasawisma” saving club. On the other hand creative industry especially fashion and handicraft have big opportunity for economic development. Creative industries have become increasingly attractive for women because the activities do not interrupt the domestic area, relate to their hobbies, and do not require high capital. Therefore entrepreneurship on creative industry begins to be an alternative or even solution to increase family economies via PKK members. This means that entrepreneurship program needs to be encouraged in order to increase the potential of PKK organization.Keywords: PKK members, fashion, handicraft. empowerment
Model Hubungan Modal Sosial, Kompetensi Pemasaran (Marketing Intelligence dan Marketing Innovation) dalam Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Andriani, Nurita
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.544 KB)

Abstract

Penelitian tentang pada sumber daya yang berhubungan dengan strategi dan kinerja biasanya terfokus pada sumberdaya manusia, keuangan dan fisik. Sumber daya tersebut dapat dengan mudah ditiru, sehingga tidak dapat dijadikan sebagai keunggulan bersaing perusahaan. Hal ini mendorong pencarian sumber daya yang dapat dijadikan sebagai keunggulan bersaing perusahaan. Hasil dari pencarian pada lingkungan sosial merupakan sumberdaya yang khas dari perusahaan yaitu modal sosial. Modal sosial yang dibangun perusahaan mempengaruhi kualitas permintaan informasi yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi pemasaran. Penelitian pada kompetensi pemasaran biasanya tidak spesifik, oleh karena itu memberikan peluang untuk meguji dan membuktikan pengaruh modal sosial, marketing intelegensi dan marketing innovation terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh modal sosial terhadap kinerja pemasaran dan untuk membuktikan pengaruh marketing intelligence dan marketing innovation terhadap kinerja pemasaran yang dominan. Lokasi penelitian di Jawa Timur, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling area yang merupakan sentra-sentra industri garmen, yaitu Malang, Gresik dan Mojokerto. Sampel yang digunakan adalah 117 pemilik/manager dari industri kecil dan menengah garmem, sedangkan alat analisa yang digunakan adalah SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa komitmen adalah faktor yang paling penting dalam membangun modal sosial. Kekhasan dari modal sosial dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Modal sosial yang tinggi meningkatkan marketing intelligence dan marketing innovation. Markerting intelligence merupakan kompetensi pemasaran yang dominan dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Modal sosial secara tidak langsung berkontribusi terhadap kinerja pemasaran melalui marketing intelegence dan marketing innovation dalam mendukung pengembangan dan peningkatan kinerja pemasaran.Kata Kunci: Modal Sosial, Marketing intelligence, Marketing Innovation, Kinerja Pemasaran
Analisis Pengaruh Return on Equity, Current Ratio, Debt to Total Assets dan Earning Per Share terhadap Cash Dividend pada Perusahaan Non Jasa Keuangan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Sumani -
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.756 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari return on equity, current ratio, debt to total assets dan earning per share secara parsial terhadap dividen kas, (2) untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari return on equity, current ratio, debt total assets dan earnings per share secara simultan terhadap deviden kas. Populasi dari penelitian ini berjumlah 392 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2007 sampai periode 2009. Metode sampling dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria di penelitian ini adalah 25 perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa return on equity, current ratio, dan debt to total assets secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan, earning per share hanya berpengaruh signifikan secara parsial terhadap deviden kas. Sementara berpengaruh signifikan secara simultan terhadap deviden kas.Kata kunci: return on equity, current ratio, debt to total assets, earning per share, deviden kas.
Strategi Memasuki Pasar China (Studi Perdagangan Internasional Provinsi Jawa Timur) Mugiono -
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.192 KB)

Abstract

Keberadaan perdagangan internasional antara Indonesia dan China, yaitu ACFTA merupakan awal mula dari perkembangan bagi perdagangan bebas. Salah satu tujuan dari persetujuan perdagangan internasional adalah untuk mengurangi atau menghilangkan halangan-halangan yang ada dalam perdagangan. Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang memiliki produk pertanian dan industry yang melimpah. Kondisi ini dapat dimanfaatkan debagai produk ekspor yang dapat meningkatkan nilai tukar asing, selain itu keberadaan dari produk yang berkualitas akan dapat bersaing dengan produkproduk dari Cina. Strategi dalam memasuki pasar Cina dapat dilakukan dengan beberapa system yang telah ada. Mulai dari analisis produk ekspor yang potensial oleh UMKM di propinsi Jawa Timur, penetapan kebijakan dan strategi dalam memasarkan produk mereka. Dalam konsep pemasaran, terdapat bauran pemasaran sebagai penyusun terbaik dalam kegiatan pemasaran. Bauran pemasaran meliputi produk, harga, tempat, dan promosi, selain itu bauran pemasaran juga memasukkan unsur analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman). Berdasarkan hasil penelitian tentang kondisi perdagangan di pasar ekspor antara propinsi Jawa Timur dan Cina dan dengan melakukan analisis SWOT, diperoleh data bahwa dengan menggunakan kebijakan yang tepat dan melaksanakan strategi yang sesuai, maka pencapaian tujuan untuk meningkatkan perekonomian di Jawa Timur akan dapat tercapai dengan efektif dan efisien.Kata kunci: strategi memasuki pasar China
Variabel Anteseden dari Struktur Modal: Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia) Enni Savitri; Ubud Salim; Armanu Thoyib; Djumahir -
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.717 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisa efek dari profitabilitas, ukuran perusahaan, pengembangan kesempatan, struktur aktiva, utang non-tax shield, dan lingkungan, dinamis unik dari sebuah perusahaan terhadap struktur modal dan pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Diharapkan temuan penelitian dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan studi tentang manajemen keuangan, terutama pada struktur modal. Dengan menerapkan pendekatan religius dengan menggabungkan variabel anteseden dari struktur modal untuk mendukung pemilik perusahaan yang dianggap menguntungkan bagi para peneliti dan praktisi. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang 106 terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2005-2009. dalam pengumpulan data, metode sensus atau saturasi sampling digunakan. Analisis jalur ini dilakukan untuk menganalisis data pada penelitian kuantitatif ini. Penelitian ini menghasilkan temuan: (1) meningkatnya profitabilitas dapat mengurangi struktur modal. (2) Meningkatnya ukuran perusahaan dapat meningkatkan struktur modal. (3) Meningkatnya pertumbuhan perusahaan tidak memperbaiki struktur modalnya. (4) Meningkatkan struktur asset tidak meningkatkan struktur modal. (5) Meningkatnya perlindungan pajak non-utang tidak berpengaruh pada penurunan struktur modal (6) Meningkatnya keunikan perusahaan dapat berpengaruh pada penurunan struktur modal. (7) Meningkatnya dinamika lingkungan berpengaruh pada penurunan struktur modal. (8) Menurunya struktur modal tidak mempengaruhi nilai perusahaan.Kata kunci: dinamika lingkungan, struktur modal, nilai perusahaan
Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Kartu Seluler IM3 melalui Motivasi Konsumen (Studi pada Pengguna IM3 di Malang) Christin Susilowati; Armanu Thoyib; Kartika Indah Permanasari
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.849 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan kartu seluler IM3 melalui motivasi konsumen. Pemasaran yang modern tidak hanya berorientasi dengan cara mengembangkan produk yang baik, memberi tarif ataupun harga yang menarik, dan membuatnya terjangkau oleh pelanggan tetapi sebuah perusahaan harus juga menjalin komunikasi dengan pelanggannya yang potensial sehingga dapat menampung aspirasi dan keinginan pelanggan yang ditujukan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menetapkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat sehingga perusahaan dapat menghantarkan nilai kepada pelanggan, menciptakan motivasi konsumen, yang mendorong keputusan konsumen,Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh tidak langsung antara komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen. Objek penelitian ini adalah pengguna IM3 di Malang. Tekhnik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi Pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen melalui motivasi konsumen.Keywords: Komunikasi pemasaran, keputusan konsumen, motivasi konsumen
Model Struktural Pengaruh Atribut Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk Pond’s Dimyati, Mohamad
Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 10, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.228 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: atribut produk pada kepuasan pelanggan, produk atribut terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dari penelitian ini adalah semua wanita yang membeli dan menggunakan produk Pond’s di Kabupaten Jember. Ukuran sampel adalah 100 responden. Sebuah purposive sampling dengan alokasi proporsional digunakan untuk menentukan sampel tersebut. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah model persamaan struktural SEM dengan menggunakan Software AMOS Versi 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: atribut produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, atribut produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan Produk loyalitas pelanggan Pond’s di Kabupaten Jember.Kata Kunci: atribut produk, kepuasan pelanggan. loyalitas pelanggan

Page 1 of 2 | Total Record : 19